Forza Internazionale

Forza Internazionale

Sarang Il Biscione

Photobucket

4.19.2011

Std. Giuseppe Meazza

 Stadion kebanggaan para punggawa InterMilan saat ini adalah Stadion Giuseppe Meazza,diambil dari nama pahlawan InterMilan Giuseppe Meazza,Stadion ini berkapasitas sampai 87.700 orang. Stadion ini juga dikenal dengan nama San Siro Untuk kandang AC Milan mengingat kedua tim adalah rival satu kota Milan, Italia.

Suporter AC Milan menggunakan "San Siro" untuk menyebut stadion itu karena dulunya Giuseppe Meazza merupakan seorang pemain bintang bagi Inter dan karena rivalitas diantara mereka yang tidak begitu menyukai satu sama lain. Maka di tetapkanlah San Siro untuk Milan,dan Giuseppe Meazza untuk InterMilan ,dua nama berbeda untuk satu stadion
Jauh sebelum InterMilan menggunakan Stadion Giuseppe Meazza, Inter selalu menggunakan Stadion Arena Civica.

Pembangunan stadion Giuseppe Meazza dimulai pada tahun 1925 di distrik Milanese, San Siro adalah nama awalnya karena ide untuk membangun stadion ini awalnya diprakarsai oleh presiden AC Milan waktu itu yakni Piero Pirelli .Peresmian stadion ini dibuka dengan Pertandingan Derby antara AC.Milan melawan Inter, yang dimana laga itu dimenangkan oleh AC Milan dengan skor 7 - 3 .Awalnya stadion ini hanya dimiliki oleh Milan dan hanya digunakan oleh mereka pada partai kandangnya , baru kemudian pada tahun 1935 "Comune di Milano (dewan kota/pemda kota Milan) membeli stadion tersebut dan merenovasinya,yang sampai saat ini masih dimiliki oleh pemda setempat. InterMilan sendiri memulai debutnya di San Siro yakni pada tahun 1947

Saat ini Giuseppe Meazza dinilai oleh UEFA termasuk dalam 23 stadion di Eropa yg memiliki rating bintang 5,dan merupakan salah satu home team yang ditakuti di eropa bahkan di dunia.

Salah satu rekor dari stadion giuseppe meazza ini adalah merupakan stadion yang mempertemukan 2 team raksasa dari eropa yang bermukim satu atap ,dan satu kota yaitu InterMilan dan AC Milan yang pertemuan mereka di juluki oleh dunia mother of all derby ( ibu dari segala derby yang mempertemukan rekan sekota ),sedang di Italia disebut Derby Dela Madonnina.

Pada tahun 1990, stadion ini menjadi tempat pertandingan final Piala Dunia antara Jerman Barat dan Argentina.

















































































Stadion Baru 2014

Gbr. Rancangan Std. baru Inter.

INILAH.COM, Milan - Presiden Inter Milan Massimo Moratti berencana akan membuat stadion baru bagi klub berjuluk La Beneamata itu. Saat ini Moratti sedang sibuk melakukan persiapan secara besar-besaran.
Menurut Ilsussidiario.net, stadion baru Inter itu akan selesai dibangun dan siap digunakan pada tahun 2014.

Jika stadion baru itu jadi dibangun, Inter akan memiliki stadion yang meenuhi persyaratan-persyaratan modern. Rencananya 60.000 tempat duduk akan dibangun, dan akan memberikan banyak fasilitas kemewahan bagi para suporter termasuk kursi penghangat.

Stadion anyar tersebut rencananya akan dibangun di Pero, Timur Laut Milan. Dibutuhkan dana mencapai 400 juta euro atau sekitar Rp5,8 triliun.

Menurut Presiden Inter Milan Massimo Moratti, stadion I Nerazzurri yang baru tersebut akan dinamai Giacinto Facchetti sebagai penghormatan terhadap legenda dan mantan Presiden Inter tersebut.

Virgilio Sport mengungkapkan, Moratti tidak akan memperpanjang kontrak dengan ofisial San Siro, dan berharap stadion anyar tersebut bisa mulai digunakan pada 2014.

Moratti akan menginvestasikan dana sekitar 300 juta euro atau sekitar 4.3 triliun untuk membangun markas baru Nerazzurri. Dana sebesar itu akan dapat kembali dalam jangka waktu tiga tahun melalui penjualan tiket. Pihak klub berencana mendapat pemasukkan sebesar 100 juta euro per tahun dari penjualan tiket, lebih besar dari pemasukan sekarang yang hanya sebesar 30 juta euro.

Stadion baru Inter akan terlihat seperti stadion-stadion di Inggris yang tidak dilengkapi dengan lintasan lari. Selama ini Inter berbagi markas dengan AC Milan di Giuseppe Meazza. 

Inter dan AC Milan selama ini menggunakan Stadion Giuseppe Meazza atau biasa juga disebut San Siro. Namun untuk memakai stadion itu, kedua tim ini harus membayar kepada pemerintah lokal. Ini membuat pemasukan potensial dari tiket penonton terbagi ke pihak lain.


Semoga saja rencana ini segera terealisasi, agar Internazionale tak lagi berbagi stadion dengan klub tetangga...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar